Lutfi Saifuddin dan Habib Fathur Semakin Pede Maju Pilkada Banjarmasin

BANJARTIMES– Pasangan Lutfi Saifuddin dan Habib Fathurrahman Bahasyim semakin percaya diri untuk maju di Pilkada Banjarmasin 2024.

Tingginya dukungan warga diklaim menjadi motivasi bagi pasangan yang mengusung jargon “Banjarmasin Emas” itu untuk bersaing merebut kursi walikota-wakil walikota.

Digadang maju melalui jalur independen, Luthfi dan Habib Fathur membeberkan sudah mengumpulkan 12 ribu lebih dukungan KTP. Baik melalui kanal website Banjarmasin Emas dan penjaringan offline.

“Kalau target sekitar 50 ribu. Kami optimis” kata dia kepada banjartimes, pada Jumat (12/4).

Untuk diketahui, para pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota yang ingin maju di Pilkada Banjarmasin memerlukan dukungan sekitar sedikitnya 42 ribu KTP warga.

Hitung-hitungan ini berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Banjarmasin yang kini berjumlah 485.062.

Menurut peraturan KPU, pasangan yang ingin maju pilkada di kabupaten/kota dengan jumlah penduduk di DPT 250.001 sampai 500.000 jiwa harus didukung paling sedikit 8,5%.

Meski demikian, di sisi lain, pasangan Luthfi-Habib Fathur menyatakan bahwa politik bersifat dinamis. Artinya, bisa jadi mereka juga akan melaju Pilkada Banjarmasin melalui jalur partai politik.

“Perubahan itu akan terjadi bukan dalam hitungan hari lagi, bahkan hitungan jam dan detik bisa berubah. Jadi kami tidak bisa memastikan, apakah maju lewat independen atau jalur partai,” kata Habib Fathurrahman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *